Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Senin, 21 Agustus 2017

  • 13:26 WIB. Amerika Serikat - 10 orang hilang akibat kapal perang AS, USS John S.McCain bertabrakan dengan kapal tanker Singapura.
  • 13:23 WIB. Pupuk - Industri pupuk nasional mencatatkan kenaikan volume penjualan 131% pada Juli 2017 dibandingkan Juni.
  • 13:22 WIB. Kemenhub - Kemenhub akan menjalin kerja sama pemanfaatan 28 pelabuhan dan bandara dengan BUMD, BUMN, dan swasta.
  • 13:21 WIB. Dubai - Dubai Tourism mencatat kunjungan wisman ke kota ini mencapai 8,6 juta orang pada semester I-2017.
  • 13:20 WIB. Masmindo - Masmindo Dwi Area akan memulai konstruksi tambang emas di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.
  • 13:19 WIB. Jamkrindo - Jamkrindo sampai dengan Juli 2017 merealisasikan penjaminan kredit 63,47% dari total target yang telah ditetapkan.
  • 13:18 WIB. BBTN - BTN menargetkan pendapatan non-bunga dari transaksi digital naik 86% menjadi Rp 153,9 miliar pada tahun ini.
  • 13:06 WIB. Lexus - Lexus Indonesia mencatat penjualan sebesar Rp400 miliar di ajang GIIAS 2017.
  • 10:53 WIB. Manchester - Manchester City dikabarkan siap menebus klausul pelepasan Messi yang mencapai US$275 juta.
  • 10:29 WIB. Google - Google luncurkan fitur baru yang akan buat video preview muncul dalam hasil pencarian di perangkat mobile Android.
  • 10:26 WIB. Medsos - Netizen ramaikan jagat maya dengan cuitan larangan motor lewat Rasuna Said.
  • 10:19 WIB. Gadget - Motorola patenkan teknologi layar yang bisa perbaiki sendiri.
  • 10:15 WIB. Gadget - Strategy Analytics: iPhone 7 merupakan smartphone paling populer di dunia dengan total pengapalan 16,9 juta unit.
  • 10:10 WIB. VPN - Otoritas mengharuskan penyedia telekomunikasi dan perusahaan teknologi memainkan peran lebih besar dalam menghapus VPN.
  • 10:09 WIB. VPN - Otoritas China mengeluarkan peringatan kepada platform e-commerce populer di negaranya atas penjualan Virtual Private Networks (VPN).

BRG Targetkan 1000 Desa Peduli Gambut Terbentuk

Foto Berita BRG Targetkan 1000 Desa Peduli Gambut Terbentuk
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Badan Restorasi Gambut (BRG) mencanangkan 1000 desa peduli gambut bakal tercapai hingga 2020 mendatang. Kegiatan di desa-desa itu akan diisi pemberdayaan masyarakat, baik dari segi sosial maupun ekonomi dalam kaitannya dengan ekosistem gambut. Deputi Tiga BRG Myrna A. Safitri menyatakan, desa-desa tersebut termasuk dalam area prioritas Restorasi Gambut 2,7 juta hektar di tujuh provinsi.

"Jumlahnya diperkirakan akan lebih 1000. Karena satu desa bisa di dalam dua skema, yaitu satu desa sebagai hutan produksi tetap dan desa sebagai kawasan hutan lindung. Tetapi perkiraan kami akan menyentuh 1000 desa di tujuh provinsi,” kata Myrna.

BRG mencatat terdapat 2.954 desa di wilayah bergambut seluas 12,7 juta hektar. Ribuan desa itu tersebar di tujuh provinsi antara lain Papua, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Riau, dan Jambi.

BRG menetapkan luas areal prioritas restorasi gambut sebanyak 2,7 juta hektar sehingga jumlah desa diperkirakan mencapai 1.205 desa. Desa Peduli Gambut menjadi program penyelaras di wilayah restorasi gambut.

Kegiatan di desa itu termasuk perencanaan dan pembentukan kawasan perdesaan, perhutanan sosial dan reforma agraria, resolusi konflik, pemberdayaan ekonomi desa, penguatan pelembagaan masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan gambut serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Penguatan inovasi lokal oleh komunitas terkait pengelolaan gambut juga menjadi perhatian. BRG mendukung pencarian kader-kader inovator gambut. Sebab, adaptasi terhadap perubahan agroekologi gambut dapat disandangkan.

Tag: Badan Restorasi Gambut

Penulis: Boyke P. Siregar

Editor: Dewi Ispurwanti

Foto: Boyke P. Siregar

Recommended Reading